Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa sekolah dasar

Ali, Mutadin and Sutanto, Sutanto and Wawan, Shokib Rodli and Mohammad, Kanzunnudin (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (1): 2. pp. 10-18. ISSN 3063-0169

[thumbnail of 3063-0169_1_1_2024-2.pdf] Text
3063-0169_1_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa sekolah dasar di Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 3817 siswa dari 29 sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 10% siswa yang memiliki minat baca tinggi, 17% sedang, dan 73% rendah. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa meliputi ketersediaan fasilitas baca, peran guru, dan dukungan orang tua. Sekolah dengan fasilitas baca yang lengkap dan guru yang aktif dalam kegiatan literasi memiliki siswa dengan minat baca yang lebih tinggi. Dukungan orang tua juga terbukti signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa. Untuk meningkatkan minat baca, diperlukan pengembangan program literasi yang komprehensif dan keterlibatan aktif orang tua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat baca, Sekolah dasar, Fasilitas baca, Peran guru, Dukungan orang tua, Reading habit, Teacher influence, Primary School
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:35
Last Modified: 16 Oct 2024 04:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48991

Actions (login required)

View Item
View Item