Pengaruh budaya, norma dan jaringan terhadap kepercayaan anggota pada unit usaha koperasi di masa pandemi Covid-19

Iwan, Rahmat Leksonoputra (2022) Pengaruh budaya, norma dan jaringan terhadap kepercayaan anggota pada unit usaha koperasi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EKOMABIS), 3 (2): 2. pp. 115-126. ISSN 2716-0238

[thumbnail of 2716-0238_3_2_2022-2.pdf] Text
2716-0238_3_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (408kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada produktivitas di unit usaha koperasi, Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Budaya,Norma dan jaringan terhadap Kepercayaan Anggota pada unit usaha koperasi. Penelitiaan ini menggunakan sampel yang dipilih secara acak yang terdiri dari 30 Anggota pada unit usaha koperasi di daerah kecamatan jati asih,Bekasi,Jawa Barat. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 3.0 M3, setelah melalui proses penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa Budaya dan Norma memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepercayaan anggota di masa krisis. Kedua faktor ini sangat penting karena Budaya dan Norma memberikan kemampuan bagi pelaku usaha untuk tetap bertahan di masa krisis. Selain itu, pelaku usaha juga sebaiknya melakukan improvisasi atas produknya di masa krisis untuk menjaga kelancaran arus kas keuangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Budaya, Norma, Jaringan, Kepercayaan, Culture and society, Traditional culture, Network, Beliefs
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 19 Oct 2024 16:22
Last Modified: 29 Oct 2024 10:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48931

Actions (login required)

View Item
View Item