Ilham, Febryansyah and Nasrun, Baldah (2022) Evaluasi kinerja supply chain menggunakan metode analisis SCOR. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EKOMABIS), 3 (1): 2. pp. 11-20. ISSN 2716-0238
2716-0238_3_1_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (754kB)
Abstract
Pengiriman produk ke pelanggan menjadi perhatian bagi perusahaan, karena terjadinya masalah seperti belum sanggup memenuhi pesanan dan pelanggan harus menunggu lebih lama dari waktu yang telah dijanjikan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kinerja perusahaan terhadap target yang telah ditetapkan manajemen, penelitian ini bersifat terapan, data laporan dari departemen marketing dan aftersales dianalisis menggunakan metode analisis SCOR. Dari data pengukuran kinerja tersebut, kemudian di benchmark terhadap SCOR Card untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan bisnis. Dari hasil penelitian dua atribut belum mencapai target yaitu Reliability dan Agility. Berdasarkan hasil benchmarking perusahaan berada diantara kategori advantage dan Best in Class pada atribut responsibility, artinya perusahaan mampu bersaing dalam persaingan bisnis. Diperlukan perbaikan pada atribut yang belum mencapai target agar perusahaan dapat mencapai kategori Best in Class.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supply Chain, Analisis SCOR, Evaluasi Kinerja Supply Chain, Benchmarking, Business logistics, Economic performance |
Subjects: | Administration & Management Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Zahra Wenning Tyas |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 14:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 10:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48900 |