Upaya meningkatkan motivasi belajar anak usia 4-5 Tahun melalui metode bernyanyi di TK Al Hidayah Rambipuji tahun ajaran 2024

Fitria, Me\rie Anggraeni and A., Zulkarnain Ali and Pipit, Rika Wijaya (2024) Upaya meningkatkan motivasi belajar anak usia 4-5 Tahun melalui metode bernyanyi di TK Al Hidayah Rambipuji tahun ajaran 2024. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 30. pp. 659-667. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-30.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-30.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)

Abstract

Komponen dinamis yang penting dalam proses pembelajaran adalah motivasi. Kekurangan motivasi menyebabkan siswa kurang berprestasi. Salah satu motivasi pembelajaran adalah melalui bernyanyi yaitu metode alternatif yang sering digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Bernyanyi memang merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, terutama pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan terhadap 22 siswa dengan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaituanak-anak mudah merasa bosan dan jenuh pada saat jam pembelajaran berlangsung pada anak berumur 4-5 tahun dengan jumlah 22 siswa pada kelompok B. Pada kelas B ini terdapat anak merasa bosan dan jenuh sehingga untuk membantu proses belajar melalui metode bernyanyi. Hasil observasi prasiklus bahwa indikator penilaian belum berkembang (BB) mencapai 95%, terdapat banyak siswa belum terbiasa dengan proses pembelajaran sehingga tidak menyenangkan, membuat siswa merasa bosan dan jenuh dan indikator penilaian mulai berkembang (MB) mencapai 5%.Selanjutnya 95% tergolong dalam kategori BSB dan 5% tergolong dalam kategori BSH. Keberhasilan ini disebabkan oleh fakta bahwa anak-anak merasa senang dengan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dan bahwa variasi nyanyian yang dilakukan setiap hari mencegah mereka bosan dan hasil tindakan yang dilakukan di dua lokasi menunjukkan bahwa metode bernyanyi membantu siswa TK Al Hidayah Rambipuji belajar lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Motivasi Belajar, Metode Bernyanyi, Early childhood education, Learning motivation, Learning methods
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Census Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:44
Last Modified: 16 Oct 2024 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48872

Actions (login required)

View Item
View Item