Analisis literasi Matematika menggunakan mind mapping dalam pembelajaran Matematika

Alif, Fiana Puspa Wardhany and Djatmiko, Hidajat and Isna, Farahsanti (2024) Analisis literasi Matematika menggunakan mind mapping dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 29. pp. 649-658. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-29.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)

Abstract

Salah satu strategi efektif untuk mengukur literasi matematika siswa adalah pendekatan mind mapping terhadap pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan model mind mappingpada bahan bangunan datar dalam meningkatkan literasi matematika siswa. Metode pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, penelitian ini mensurvei 21 siswa kelas VI SMP Penda Tawangmangu, dengan tiga sampel dipilih untuk mencerminkan kinerja tinggi, sedang, dan buruk. Strategi yang digunakan wawancara dan soal tes.Prosedur analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tiga indikator dipenuhi oleh sebanyak empat mahasiswa pada kategori kemampuan literasi matematika tinggi, tiga belas oleh mahasiswa pada kategori kemampuan literasi matematika sedang, meskipun tingkat kelengkapan dan ketepatannya lebih rendah, dan empat oleh mahasiswa pada kategori kemampuan literasi matematika rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Mind Mapping, Matematika, Literacy, Mathematical learning, Learning models
Subjects: Social and Political Sciences > Census Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:41
Last Modified: 16 Oct 2024 07:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48865

Actions (login required)

View Item
View Item