Anggita, Wahyu Widiya and Noor, Miyono and Luthfi, Winarni Alexsandri and Ferina, Agustini (2024) Implementasi media Wordwall pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa SD Peterongan. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 26. pp. 619-628. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-26.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (255kB)
Abstract
Memiliki kemampuan membaca dan menulis sangat penting dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media Wordwall pada pembelajaran PPPKnuntuk membantu siswa kelas IV menjadi lebih mahir membaca dan menulis. Teknik PTK atau penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini. Media wordwall pada mata kuliah PPKn dijadikan sebagai variabel bebas, sedangkan kemampuan membaca sebagai variabel terikat. Observasi, pengujian, dan pendokumentasian disertai pendekatan analitik kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam pengumpulan data. Dua puluh duaanak, tiga belas perempuan dan sembilan laki-laki, dari kelas empat SD Peterongan menjadi peserta studi. Pada siklus kedua, penelitian dilakukan. Selama siklus II, proporsi klasikal meningkat menjadi 86% dari 73% pada siklus I. Media Wordwalldapat meningkatkan kemampuan membaca terkait kewarganegaraan, menurut statistik persentase klasik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Pembelajaran PPKn, Wordwall, Literacy, Civic education, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 07:19 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48855 |