Penerapan STEM berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap motivasi belajar siswa

Deviana, Deviana (2023) Penerapan STEM berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 7. pp. 663-670. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-7.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap motivasi belajar siswa SMA kelas X pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat motivasi belajar siswa dan variabel bebasnya adalah STEM berbantuan media pembelajaran geogebra. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 68 siswa. lnstrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika dan kuesioner motivasi belajar. Data dianalisis dengan analisis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada taraf signifikansi 5 % (d = 0.05). Hasil penelitian ini adalah; penerapan STEM berbantuan media pembelajaran geogebra berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001 < 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: STEM, Geogebra, Motivasi belajar, Media pembelajaran, Teknologi pendidikan, Pembelajaran interaktif
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:58
Last Modified: 18 Oct 2024 03:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48828

Actions (login required)

View Item
View Item