Efektivitas terapi mindfulness berbasis aplikasi breathe2relax terhadap stres mahasiswa tingkat akhir

Mira, Agusthia and Utari, Christya Wardhani and Novita, Rachmayanti and Triyana, Harlia Putri (2024) Efektivitas terapi mindfulness berbasis aplikasi breathe2relax terhadap stres mahasiswa tingkat akhir. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (8): 24. pp. 3246-3255. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_8_2024-24.pdf] Text
2655-2728_6_8_2024-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (226kB)

Abstract

Stress akademik diartikan sebagai suatu keadaan individu yang mengalami tekanan hasil persepsi dan penilaian tentang stressor akademik, yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan di perguruan tinggi. Prevalensi mahasiswa di dunia yang mengalami stres didapatkan sebesar 38-71%. Sementara itu prevalensi mahasiswa yang mengalami stres di Indonesia sendiri didapatkan sebesar 36,7- 71,6%. Stres tidak dapat dicegah tetapi bisa dikelola. Terapi non farmakologi penurunan stres yaitu mindfulness berbasis aplikasi. Aplikasi “Breathe2Relax” juga merupakan alat latihan keterampilan portabel untuk melatih pernapasan diafgrama. Mindfulness membawa mahasiswa untuk fokus menyadari kondisi yang dihadapi saat ini, menerimanya dengan penuh keikhlasan, tanpa bereaksi dan memberikan penilaian. Tujuan untuk mengetahui Efektivitas Terapi Mindfulness berbasis Aplikasi Breathe2Relax terhadap Stres Mahasiswa Tingkat Akhir. Penelitian kuantitatif quasi experimental one grup pre test - post test design tanpa kelompok kontrol dan pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sample sebanyak 34 mahasiswa. Tingkat stres sebelum diberikan terapi mindfulness stres sedang sebanyak 32 orang (94,1%) dan stres berat sebanyak 2 orang (5,9%). Tingkat stres mahasiswa setelah diberikan terapi mindfulness yaitu stres ringan sebanyak 29 orang (85,3%) dan stres sedang sebanyak 5 orang (14,7%). Hasil uji analisis didapatkan bahwa terdapat efektivitas terapi mindfulness berbasis aplikasi Breathe2Relax terhadap stres pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Awal Bros. p value=0,000 (p<0,05). Ada pengaruh efektivitas terapi mindfulness berbasis aplikasi “Breathe2Relax” terhadap stres pada mahasiswa tingkat akhir. Diharapkan tempat penelitian melakukan bimbingan konseling sebagai tempat bimbingan bagi mahasiswa sehingga dapat mengurangi tingkat stres yang terjadi pada mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Stres, Terapi mindfulness, Students, Stress, Mindfulness-based cognitive therapy
Subjects: Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Medicine & Biology > Stress Physiology
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:16
Last Modified: 19 Sep 2024 07:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48786

Actions (login required)

View Item
View Item