Pandu, Pribadi and Arip, Nurahman and Adi, Jufriansyah (2024) Pengaruh Metode STEM Terintegrasi pada Materi Elektronika terhadap kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa SMK. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 21. pp. 566-572. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (198kB)
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengaruh metode STEM terintegrasi pada pembelajaran materi elektronika terhadap kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa SMK. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmelibatkan siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Banjar. Penelitian ini melibatkan tiga siklus tindakan yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa, ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari 60,0 pada pre-testmenjadi 80,0 pada post-testdi siklus ketiga. Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa, dengan 95% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran pada siklus terakhir. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode STEM dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang elektronikaserta kesiapan mereka menghadapi tantangan dunia kerja atau pendidikan lebih lanjut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEM, Elektronika, Kemampuan Analisis, Pemecahan Masalah, Learning methods, Learning materials, Problem solving, Competence |
Subjects: | Administration & Management > Management Information Systems Administration & Management > Productivity Social and Political Sciences > Census Studies Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:51 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48723 |