Pengaruh Metode STEM Terintegrasi pada Materi Elektronika terhadap kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa SMK

Pandu, Pribadi and Arip, Nurahman and Adi, Jufriansyah (2024) Pengaruh Metode STEM Terintegrasi pada Materi Elektronika terhadap kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa SMK. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 21. pp. 566-572. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-21.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pengaruh metode STEM terintegrasi pada pembelajaran materi elektronika terhadap kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa SMK. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmelibatkan siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Banjar. Penelitian ini melibatkan tiga siklus tindakan yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan analisis dan pemecahan masalah siswa, ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari 60,0 pada pre-testmenjadi 80,0 pada post-testdi siklus ketiga. Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa, dengan 95% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran pada siklus terakhir. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode STEM dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang elektronikaserta kesiapan mereka menghadapi tantangan dunia kerja atau pendidikan lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: STEM, Elektronika, Kemampuan Analisis, Pemecahan Masalah, Learning methods, Learning materials, Problem solving, Competence
Subjects: Administration & Management > Management Information Systems
Administration & Management > Productivity
Social and Political Sciences > Census Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:51
Last Modified: 16 Oct 2024 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48723

Actions (login required)

View Item
View Item