Nuni, Herliani and Farid, Rizqi Maulana and Deni, Wardana (2024) Pemanfaatan media digital sebagai media edukasi anti perundungan di SDN Lontar Baru Kota Serang. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 19. pp. 540-553. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (364kB)
Abstract
Fenomena bullying atau Perundungan membawa dampak buruk terutama bagi kesehatan mental korbanyang merupakan suatu tindak kekerasan terhadap anak yang mana hal tersebut wajib dilakukan pencegahannya. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan cara memberikan edukasi anti perundungan yang pada pelaksanaanya dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian yang dilakukan berfokus pada tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media digital berbentuk PowerPoint interaktif sebagai media edukasi anti perundungan di lingkungan sekolah. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara, kuisioner, test, serta dokumentasi. Setelah melakukan beberapa tahapan penelitian, diperoleh hasil bahwa media digital berbentuk PowerPoint interaktif terbukti dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai media edukasi anti perundungan, pernyataan tersebut didukung dengan data yang menunjukkan sebagian besar siswa sudah dapat memahami materi pembelajaran dengan baik, dan siswa merasa puas terhadap media digital berbentuk PowerPoint interaktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Digital, Media Edukasi, Anti Perundungan, Digital media, Educational media, Crime prevention |
Subjects: | Social and Political Sciences > Census Studies Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:37 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48669 |