Fatia, Hamsil and Mawardi, Mawardi and Okta, Suryani (2024) Pengembangan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada Materi Laju Reaksi Fase F SMA/MA. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 18. pp. 525-539. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (804kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ketercapaian dalam mengembangkan bahan ajardengandilengkapi multirepresentasi kimiapada materi laju reaksi yang mendukung pembelajaran kurikulum merdeka dalam membangun model mental peserta didikFase F SMA/MA.Desain penelitian pendidikan atau (EDR)merupakan jenis penelitian yang digunakandengan pendekatan model pengembangan Plomp, dimana sebuah metode yangg sistematis untuk merancang dan mengevaluasi program pendidikan. Tiga orang dosen pada kimia, dua guru yang mengajar kimia dan sembilan siswa menjadi subjek pada penelitian ini. Angket validitasdan angketpraktikalitassebagai alat pengumpulan data. Rata-rata kevalidan kontstruk=0.94dikategorikanvalid. Selanjutnya didapatkan persentase praktikalitas guru sebesar 97% dan rata-rata persentase 93% pada siswaberdasarkan uji praktikalitas dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan hasil penelitianinimenyatakanbahan ajar yang dikembangkanpada materi laju reaksi untuk mendukung pembelajaran kurikulum merdekadilengkapi multirepresentasi kimia dikatakan validdan kepraktisan yang tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laju Reaksi, Bahan Ajar, Kurikulum Merdeka, Reaction rates, Learning materials, Curriculum |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Chemistry > Physical & Theoretical Chemistry |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:32 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48668 |