Analysis factors teachers occupational well-being

Titin, Kholisna (2024) Analysis factors teachers occupational well-being. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 11. pp. 448-457. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-11.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)

Abstract

Faktor-faktor kesejahteraan kerja guru meliputi beragam komponen yang mempengaruhinya baik dari segi fisik, sosial, ekonomi, psikologis dan hukum. Penelitian ini menggunakan instrumen pengembangan kuantitatif yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen berupa item-item dan faktor/komponen sehingga diperoleh hasil validitas yang memadai. Telah memperoleh hasil pengembangan sejumlah 75 item skala kesejahteraan kerja guru yang telah diuji coba kepada 23 guru. Dengan menggunakan analisis eksploratori telah diperoleh hasil item yang valid dengan faktor loading > 0,5 sebanyak 38 item dengan empat faktor yang terbentuk dari matriks komponen yang diputar nilai item 0,52 (lebih rendah) - 0,867 (lebih tinggi). Hasil faktor-faktor tersebut dibuat penamaan faktor yaitu faktor 1 adalah pengakuan dan kepuasan profesional kerja berjumlah 13 item, faktor 2 adalah keterampilan pengembangan diri berjumlah 9 item, faktor 3 adalah dukungan sistem administratif berjumlah 9 item, faktor 4 adalah keseimbangan kultur sekolah berjumlah 7 item dan instrumen pengembangan ini telah memperoleh reliabilitas sebesar 0,964.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis faktor, Pekerjaan guru, Kesejahteraan, Factor analysis, Teachers, Welfare
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 16 Oct 2024 04:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48642

Actions (login required)

View Item
View Item