Transformasi ruang belajar: Implementasi Pojok Baca oleh mahasiswa Kampus Mengajar Batch 5 di SDN 4 Bringin

Muhammad, Zakariya and Erna, Zumrotun Transformasi ruang belajar: Implementasi Pojok Baca oleh mahasiswa Kampus Mengajar Batch 5 di SDN 4 Bringin. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 9. pp. 425-435. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-9.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses transformasi dalam memahami tentang ruang belajar dapat diubah menjadi pojok baca di SDN 4 Bringin, mengidentifikasi kendala kendala yang muncul selama pengimplementasian Pojok Baca dan mencari solusi yang tepat, dan mengetahui dampak positif yang dihasilkan oleh keberadaan pojok baca bagi siswa dan lingkungan sekolah.Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.Implementasi Pojok Baca oleh mahasiswa Kampus Mengajar batch5 di SDN 4 Bringin melalui tahapan perencanaan, persiapan, implementasi, dan evaluasi menunjukkan dampak positif yang signifikan. Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan dana, kurangnya semangat sebagian mahasiswa, dan infrastruktur yang kurang memadai, solusi seperti donasi buku dan dorongan tim membantu mengatasi masalah tersebut. Pojok Baca memberikan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan minat baca siswa, dan mendukung kegiatan literasi di sekolah. Respon positif dari siswa dan dukungan dari guru mengindikasikan bahwa program ini berhasil memberikan manfaat yang besar di SDN 4 Bringin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Pojok Baca, Kampus Mengajar, Transformation, Educational environment, Classroom techniques
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:49
Last Modified: 16 Oct 2024 03:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48604

Actions (login required)

View Item
View Item