Desain LinTar materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya meningkatkan adversity quotient & self management kelas IV SD Plus Sunan Pandanaran

Frika, Trisetya N. and Mohamad, Fatih and Cindya, Alfi (2024) Desain LinTar materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya meningkatkan adversity quotient & self management kelas IV SD Plus Sunan Pandanaran. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 8. pp. 413-424. ISSN 2808-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-8.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari siswa kelas IVSD Plus Sunan Pandanaran kabupaten Blitar terkait kemampuan Adversity Quotient dan Self Management. Peneltian dan Pengembangan (RnD) digunakan sebagai metode pada penelitian ini dengan waterfall sebagai model. Angket, wawancara dan dokumentasidigunakan untuk mengumpulkan data peneltian. Ahli Media, Materi dan Bahasa bertindak sebagai penguji validitas media. Penilaian dari ahli media mendapat skor 96,1% kategori “Sangat Valid”,100% didapat dari ahli materi dan ahli bahasa mendapat skor 97,7% dengan kategoriyang sama. Dengan skor 92,5% produk dinyatakan layak oleh guru kelas. Sedangkan untuk peningkatan Adversity Quotient siswa,memperoleh skor n-gain sebesar 0,9 dengan kategori “Tinggi” begitupun hasil peningkatan Self Management siswa dengan perolehanskor sebesar 0,8 kategori “Tinggi”. Sehingga disimpulkan bahwa media Lintar materi daerahku dan kekayaan alamnya valid dan mampu meningktkan kemampuan Adversity Quotientdan Self Managementsiswa kelas IV SD Plus Sunan Pandanaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, LinTar, Self management, Educational materials, Skills development
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Administration & Management > Management Information Systems
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:36
Last Modified: 16 Oct 2024 03:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48603

Actions (login required)

View Item
View Item