Pengembangan media pembelajaran puzzle interaktif sebagai media pengenalan keaksaraan awal bagi anak usia dini

Sabitul, Kirom and Arta, Ainur Rofiq (2024) Pengembangan media pembelajaran puzzle interaktif sebagai media pengenalan keaksaraan awal bagi anak usia dini. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 7. pp. 404-412. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-7.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)

Abstract

Masih banyak anak yang belum berkembang kemampuan keaksaraan awalnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah minat belajar anak berbeda-beda. Tujuan penelitian ini mengembangkan puzzleinteraktif sebagai media pengenalan keaksaraan awal. Media puzzleyang dikembangkan bersifat interaktif dengan disesuaikan karakteristik perkembangan anak. Metode penelitian menggunakan R&D mengadopsi model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi dam wawancara. Media puzzle diujicoba denganuji ahli dan uji lapangan. Hasil penelitian ini adalah mediapuzzleinteraktif dinyatakanvalid berdasar validasi ahli sertapengguna. Puzzleinteraktif efektif digunakan dalam pengenalan keaksaraan awal. Kepraktisanpuzzleinteraktif ini sangat baik. Dapat disimpulkan media puzzleinteraktif efektif, valid, dan praktis diterapkan dalam pengenalan keaksaraan awal pada anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Keaksaraan, Anak usia dini, Educational media, Literacy, Early childhood education
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:29
Last Modified: 16 Oct 2024 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48598

Actions (login required)

View Item
View Item