Adisa, Rara Ayu Dwi Lestari and Alberth, Supriyanto Manurung (2024) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 3. pp. 363-376. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (287kB)
Abstract
Model pembelajaran merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, sehingga untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru harus dapat memilih dan mendefinisikan model pembelajaran dengan tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model matematika realistik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Kembangan Utara 06 Pagi, kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 64 responden. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pre-testdan post-testyang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik mempengaruhi hasil belajar pada muatan pelajaran matematika. Uji-t berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika, maka H1 diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Matematika Realistik, Hasil belajar, Mathematical learning models, Elementary school student, Educational accountability |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48583 |