Strategi penciptaan lapangan kerja pada sektor UMKM di Indonesia

Azhari, Azhari and Kamaruddin, Kamaruddin and Mai, Simahatie (2024) Strategi penciptaan lapangan kerja pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan (Ekonomika), 16 (1): 4. pp. 19-25. ISSN 2086-6011

[thumbnail of 2086-6011_16_1_2024-4.pdf] Text
2086-6011_16_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (156kB)

Abstract

Kontribusi sektor UMKM terhadap PDB dan lapangan kerja Indonesia tidak dapat diremehkan. Hal ini dibuktikan 64 juta bisnis UMKM menyumbang sekitar 61% dari PDB negara dan mempekerjakan jutaan orang, sektor ini memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang kerja. Namun, agar bisnis UMKM dapat terus berkembang dan berkontribusi pada perekonomian, penting bagi mereka untuk menerima dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang di pasar global. Tujuan penelitian ini bagaimana strategi UMKM dalam penciptaan lapangan kerja. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Beberapa strategi yang dapat diambil dalam penciptaan lapangan kerja pada sektor UMKM adalah meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM, insentif pajak, meningkatkan program pengembangan keterampilan bagi wirausahawan UMKM dan mendorong inovasi dan adopsi tekhnologi di sektor UMKM Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, UMKM, Lapangan Kerja, Management strategy, Business enterprise, Job opportunities
Subjects: Administration & Management > Job Training & Career Development
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:20
Last Modified: 22 Oct 2024 18:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48579

Actions (login required)

View Item
View Item