Penilaian produk jamu pada Usaha Dagang Nuar menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis)

Aninda, Muliani and Akbar, Alhafiz and Azrial, Pratama (2022) Penilaian produk jamu pada Usaha Dagang Nuar menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis). Sistem Pendukung Keputusan dengan Aplikasi, 1 (2): 2. pp. 68-78. ISSN 2829-2820

[thumbnail of 2829-2820_1_2_2022-2.pdf] Text
2829-2820_1_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (996kB)

Abstract

Produk yang bagus dan berkualitas merupakan nilai penting dalam jual beli. Demikian halnya dengan produk jamu. Dalam menentukan penilaian produk jamu, bermacam kriteria harus dipenuhi agar dapat dikatakan sebagai jamu berkualitas . Kriteria tersebut antara lain adalah harga,jumlah penjualan, khasiat, serta jenis dan bentuk jamu. Penilian produk jamu ini dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tarik pembeli dalam membeli produk jamu yang berkualitas. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut ditentukan alternatif terbaik menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of ratio Analysis (MOORA). Setelah melakukan pencarian nilai pada nilai bobot pada tiap atribut,selanjutnya melakukan perangkingan untuk menentukan alternatif dengan nilai optimal.Berdasarkan 25 alternatif yang digunakan ditemukan bahwa Triple X (kapsul) sebagai produk jamu dengan rangking tertinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Jamu, MOORA, Program evaluation, Herbal Medicine, Beverages
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Processing Standards
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:56
Last Modified: 17 Oct 2024 06:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48509

Actions (login required)

View Item
View Item