Pipin, Zaenal Arifin (2024) Kontribusi supervisi kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru di sekolah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 9. pp. 64-72. ISSN 2657-0394
2657-0394_4_1_2024-9.pdf - Published Version
Download (451kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis kontribusi supervisi kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru di sekolah, adanya peningkatan kinerja guru diduga adanya peranan atau kontribusi dari supervisi kepala sekolah dan iklim kerja di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, dengan analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 80 orang. Dari hasil kajian terungkap bahwa supervisi kepala sekolah memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru di sekolah serta iklim kerja memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru di sekolah. Dapat dikatakan bahwa dalam upaya peningkatan kinerja guru di sekolah dapat dicapai dengan adanya supervisi kepala sekolah yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru serta adanya iklim kerja, oleh sebab itu kepala sekolah perlu untuk merencanakan kegiatan supervisi yang baik, terencana dengan matang dalam upaya peningkatan kinerja guru, serta menciptakan iklim kerja yang baik di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Kepala sekolah, Iklim kerja, Kinerja guru, Educational supervision, Organizational climate, Job performance |
Subjects: | Administration & Management > Productivity Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 13:23 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 13:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48480 |