Pengaruh kepemimpinan trasformasional, kinerja mengajar guru dan kultur belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

Syafruddin, Syafruddin (2024) Pengaruh kepemimpinan trasformasional, kinerja mengajar guru dan kultur belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 8. pp. 56-63. ISSN 2657-0394

[thumbnail of 2657-0394_4_1_2024-8.pdf] Text
2657-0394_4_1_2024-8.pdf - Published Version

Download (390kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dalam rangka mengetahui dan menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan kultur belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Penelitian menggunakan angket (instrument) dalam mengumpulkan data penelitian, dari hasil penelitian didapati bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan kultur belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pencapaian prestasi belajar siswa, adanya penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam pengelolaan sekolah dan guru yang memiliki kinerja mengajar yang tinggi serta sekolah memiliki kultur belajar yang baik berpengaruh yang besar pada ketercapaian pengelolaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana menghasilkan akan mengoptimalkan hasil proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional, Kinerja mengajar, Kultur belajar, Prestasi belajar, Performance, Teacher influence, Acadmeic achievement
Subjects: Administration & Management > Productivity
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 15 Oct 2024 13:15
Last Modified: 15 Oct 2024 13:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48478

Actions (login required)

View Item
View Item