Syafruddin, Syafruddin (2024) Pengaruh kepemimpinan trasformasional, kinerja mengajar guru dan kultur belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 8. pp. 56-63. ISSN 2657-0394
2657-0394_4_1_2024-8.pdf - Published Version
Download (390kB)
Abstract
Penelitian dilakukan dalam rangka mengetahui dan menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan kultur belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Penelitian menggunakan angket (instrument) dalam mengumpulkan data penelitian, dari hasil penelitian didapati bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan kultur belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pencapaian prestasi belajar siswa, adanya penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam pengelolaan sekolah dan guru yang memiliki kinerja mengajar yang tinggi serta sekolah memiliki kultur belajar yang baik berpengaruh yang besar pada ketercapaian pengelolaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana menghasilkan akan mengoptimalkan hasil proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan transformasional, Kinerja mengajar, Kultur belajar, Prestasi belajar, Performance, Teacher influence, Acadmeic achievement |
Subjects: | Administration & Management > Productivity Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 13:15 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 13:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48478 |