Pembelajaran menentukan jenis majas puisi 'Hujan di Waktu Itu' menggunakan teknik scaffolding melalui media poster

Alya, Syifa Andriani and Anastiya, Urbaningrum and Deswita, Anggraeni and WIlda, Anggraeni and Welsi, Damayanti (2024) Pembelajaran menentukan jenis majas puisi 'Hujan di Waktu Itu' menggunakan teknik scaffolding melalui media poster. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 13. pp. 553-560. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-13.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Bojongbubu; 2) hasil pembelajaran menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Bojongbubu. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Bojongbubu pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VI SD Negeri 2 Bojongbubu yang mengikuti pembelajaran kemampuan menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster. Mereka berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total; artinya semua anggota populasi dijadikan anggota sampel. Data pembelajaran kemampuan menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Data hasil pembelajaran kemampuan menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poter dikumpulkan menggunakan instrumen tes secara tertulis yang disusun sesuai dengan spesifikasi tes. Data kemampuan menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster dianalisis secara kuantitatif melalui melalui prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Bojongbubu meliputi kegiatan 3 kegiatan awal, 17 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) kemampuan menentukan jenis majas pada puisi “Hujan di Waktu Itu” menggunakan teknik scaffolding melalui media poster bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Bojongbubu mencapai mean 70,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menemukan Majas, Puisi, Teknik Scaffolding, Media Poster, Teaching methods, Teaching standards, Teaching materials
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Language > Linguistics
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:58
Last Modified: 22 Oct 2024 18:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48472

Actions (login required)

View Item
View Item