Syaeful, Millah (2024) Kontribusi pembinaan guru terhadap efektivitas sekolah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 4 (1): 7. pp. 49-55. ISSN 2657-0394
2657-0394_4_1_2024-7.pdf - Published Version
Download (388kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi pembinaan guru melalui karakteristik individual dan karakteristik teknis dalam pembinaan guru terhadap efektivitas sekolah. Penelitian dilakukan terhadap para guru SMK di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi Jawa Barat, sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 53 orang guru. Penelitian dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis korelasi dan regresi. Dari penelitian didapati bahwa pembinaan guru secara keseluruhan memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah, pembinaan guru pada karakteristik individual dan karakteristik teknis memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan efektivitas sekolah, dapat dikatakan efektivitas sekolah dapat tercapai apabila adanya pembinaan guru yang baik, baik pembinaan pada karakteristik individual dan karakteristik teknis sehingga pengelolaan proses pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal, dalam rangka meningkatkan efisiensi pembelajaran yang pada akhirnya akan mencapai efektivitas sekolah. Untuk mencapai efektivitas sekolah, kepala sekolah sebagai pimpinan perlu melakukan upaya yang konkrit terhadap pembinaan guru, sehingga guru akan memiliki karakteristik individual dan karakteristik teknis yang baik dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai seorang tenaga pendidik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan guru, Efektivitas, Sekolah, Coaching, Effectiveness, Educational accountability |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 13:04 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 13:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48465 |