Pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas

Rukman, Rukman and Rizky, Aulia (2024) Pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 10. pp. 529-536. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-10.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (440kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kegiatan pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas; 2) hasil belajar menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Parungpanjang, Kabupaten Lebak, Banten pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 3 Parungpanjang yang mengikuti pembelajaran menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas. Mereka berjumlah 23 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa yang dipilih secara random dari anggota populasi. Inilah beberapa perangkat pembelajaran. Pertama, bahan ajar terbatas yang berisi model daftar perkalian. Kedua, rencana pembelajaran yang mencakup tiga kegiatan yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Ketiga, instumen tes untuk kerja. Data proses pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Observasi dilakukan atas hasil rekaman elektronik terhadap kegiatan belajar-mengajar. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja. Tes disusun mengikuti prinsip objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data proses pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil belajar menulis daftar perkalian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Setiap data dan analisis data dilakukan validasi internal. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran terpadu terlaksana sesuai perencanaan; 2) hasil belajar menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dapat mencapai skor baku 71,07.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Terpadu, Menulis, Daftar Perkalian, Metode Model, Bahan Ajar Terbatas, Teaching standards, Handwriting, Teaching materials, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:47
Last Modified: 22 Oct 2024 18:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48462

Actions (login required)

View Item
View Item