Pengaruh motivasi belajar terhadap proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa di sekolah

Marsidal, Marsidal (2024) Pengaruh motivasi belajar terhadap proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa di sekolah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 6. pp. 40-48. ISSN 2657-0394

[thumbnail of 2657-0394_4_1_2024-6.pdf] Text
2657-0394_4_1_2024-6.pdf - Published Version

Download (566kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa di sekolah, adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar di duga adanya peranan atau pengaruh dari motivasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, dengan analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil kajian terungkap bahwa motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran di sekolah serta prestasi belajar siswa. Selain itu didapati pula proses pembelajaran di sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah. Dapat dikatakan bahwa dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dapat dicapai dengan adanya motivasi belajar yang tinggi pada diri siswa, oleh sebab itu guru perlu untuk merencanakan kegiatan atau upaya yang dapat memberikan peningkatan pada motivasi siswa, seorang siswa yang memiliki motivasi dalam bekerja dapat mensukseskan tujuan pendidikan yaitu mendapatkan proses pembelajaran yang berkualitas serta memiliki prestasi belajar siswa yang tinggi di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Proses pembelajaran, Prestasi, Learning motivation, Learning processes, Student performance
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 15 Oct 2024 12:47
Last Modified: 15 Oct 2024 12:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48458

Actions (login required)

View Item
View Item