Pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap hasil belajar keterampilan membaca pemahaman

Muhammad, Mansyur and Novmarengga, Novmarengga and Sovia, Niswanti (2024) Pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap hasil belajar keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 9. pp. 519-528. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-9.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-9.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (531kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimen tipe prates-postes satu bidikan. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Islam Terpadu Fajar Ilahi Batam. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VII yang mengikuti rentetan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman yang menggunakan media balon udara dan bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 30 siswa kelas ihwan. Sampel penelitian ini sebanyak 28 siswa yang ditetapkan melalui rumus statistik. Sampel ditarik secara random tanpa pengembalian dari populasi. Instrumen utama penelitian quasi eksperimen ini adalah media konvensional yakni balon udara dan bahan ajar khusus. Untuk mengumpulkan data pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman digunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda empat opsi. Instrumen lain adalah pedoman cek-ricek yang berguna untuk memvalidasi data. Data pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t sampel berpasangan. Penggunaan prosedur ini memenuhi syarat normalitas dan homogenitas varian populasi. Hasil penelitian memperlihatkan penggunaan media balon udara dan bahan ajar khusus berpengaruh positif terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Balon Udara, Bahan Ajar Khusus, Keterampilan Membaca Pemahaman, Teaching methods, Teaching materails, Learning ability
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:44
Last Modified: 21 Oct 2024 05:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48457

Actions (login required)

View Item
View Item