Pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif

Tengku, Ida Zuraidah and Rhut, Sahana Sihombing (2024) Pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 6. pp. 489-498. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-6.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif; 2) hasil belajar keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SD Negeri 07 Kecamatan Pontianak Kota di semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif yang berjumlah 14 siswa. Sampel penelitian sebanyak 13 yang ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif digunakan pedoman observasi atas kegiatan pembelajaran yang direkam melalui media elektronik. Untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif digunakan tes esai. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data prosedur pembelajaran keterampilan menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif dinalisis secara tematik per jenis kegiatan pembelajaran. Data hasil belajar menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; 2) hasil belajar menyimak paragraf instruksi numerik menggunakan teknik latihan intensif berkategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keterampilan Menyimak, Paragraf Instruksi Numerik, Topik Perkalian, Teknik Latihan Intensif, Learning ability, Teaching materials, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:35
Last Modified: 22 Oct 2024 17:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48448

Actions (login required)

View Item
View Item