Penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus

Nanyk, Sudarwati Wuladesember (2024) Penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 5. pp. 479-488. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-5.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus; 2) samakah penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMA Islam Terpadu Fajar Ilahi Batam. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti rentetan pembelajaran peribahasa yang menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 35 siswa SMA Islam Terpadu Fajar Ilahi Batam; 19 siswa kelas ihwan dan 17 siswa kelas ahwat.
Sampel penelitian ini sebanyak 33 siswa yang ditetapkan melalui rumus statistik; terbagi dari 18 siswa kelas ihwan dan 15 siswa kelas ahwat. Sampel ditarik secara random tanpa pengembalian dari setiap kelompok populasi. Instrumen utama penelitian ini adalah bahan ajar khusus konvensional yang berisi 15 peribahasa. Untuk mengumpulkan data penguasaan peribahasa digunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda empat opsi. Instrumen lain adalah pedoman cek-ricek yang berguna untuk memvalidasi data penguasaan peribahasa. Data penguasaan peribahasa dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel dengan mean pembanding sebesar 12,25. Penggunaan prosedur ini memenuhi syarat normalitas dan homogenitas varian populasi. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus bagi anggota sampel berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan kategori penguasaan peribahasa melalui pembelajaran menggunakan teknik kombinasi dalam bahan ajar khusus per kelompok sampel. Dengan demikian, bahan ajar yang disiapkan khusus untuk materi penguasaan peribahasa yang dilengkapi dengan teknik kombinasi efektif digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Peribahasa, Teknik Kombinasi, Bahan Ajar Khusus, Learning ability, Teaching methods, Teaching materials
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:32
Last Modified: 22 Oct 2024 17:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48443

Actions (login required)

View Item
View Item