Peran guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah

Endi, Ruhendi (2024) Peran guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 4. pp. 25-30. ISSN 2657-0394

[thumbnail of 2657-0394_4_1_2024-4.pdf] Text
2657-0394_4_1_2024-4.pdf - Published Version

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang peranan guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, penelitian dilakukan di Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Jati Sampurna, Bekasi. Sebanyak 100 siswa dijadikan sampel penelitian, penelitian menggunakan analisis kuantitatif, dengan analisis korelasi dan inferensial.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket (instrumen) yang disebarkan kepada siswa di sekolah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara peranan seorang guru sebagai tenaga pendidik memiliki pengaruh yang kuat dan positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, peran guru sebagai perancang pembelajaran, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai mediator, sebagai fasilitator, serta guru sebagai evaluator yang memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Pendidikan, Kualitas, Sekolah, Teacher role, Educational quality, School
Subjects: Administration & Management > Productivity
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 15 Oct 2024 12:33
Last Modified: 15 Oct 2024 12:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48442

Actions (login required)

View Item
View Item