Pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin

Delfiana, Delfiana (2024) Pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 3. pp. 451-464. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-3.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (317kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP Negeri 1 Jakarta di pertemuan pertama semester 1 tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7.1 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin yang berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian sebanyak 33 yang ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin digunakan pedoman observasi atas kegiatan pembelajaran yang direkam melalui media elektronik. Untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin digunakan tes esai. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin dinalisis secara tematik per jenis kegiatan pembelajaran. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin mencakup kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin berkategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keterampilan Menulis, Paragraf Prosedur, Topik Perkalian, Teknik Scaffolding, Teknik Tugas Menyalin, Handwriting, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:22
Last Modified: 22 Oct 2024 17:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48437

Actions (login required)

View Item
View Item