Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis pantun menggunakan pendekatan konstruktivisme

Elmustian, Elmustian and Silvia, Permata Sari and Tria, Putri Mustika (2024) Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis pantun menggunakan pendekatan konstruktivisme. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 2. pp. 437-450. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-2.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (339kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis pantun dengan pendekatan konstruktivisme berdasarkan teks naratif untuk siswa kelas XI SMA/SMK/MA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur sebagai berikut: analisis dasar, penyusunan desain produk awal, pengembangan desain produk awal, uji coba produk awal dalam skala terbatas, evaluasi dan revisi produk uji coba skala terbatas, uji coba produk skala luas, evaluasi dan revisi produk, uji coba produk revisi, dan reproduksi produk akhir. Pengembangan didasarkan pada pendekatan konstruktivisme dan terintegrasi ke dalam teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks cerpen faktual. Teks kloz digunakan untuk menentukan keterbacaan teks naratif. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi pantun dan teks naratif, memvalidasi indikator menulis pantun, menimbang desain produk awal, dan menimbang kelayakan bahan ajar. Tes esai singkat digunakan untuk mengumpulkan data prates dan postes menulis pantun pada uji coba skala luas. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis secara tematis; data yang dikumpulkan menggunakan instrumen teks kloz dianalisis menggunakan statistik deskriptif; rata-rata dan persen; Data menulis pantun dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yaitu uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini adalah adanya bahan ajar berjudul ‘Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berintegrasi dengan Teks Naratif untuk Siswa Kelas XI SMA/SMK/MA; 4 unit pembelajaran; time new roman, size 11, kertas A4, 2 kolom, 118 halaman

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Menulis Pantun, Pendekatan Konstruktivisme, Teaching materials, Narrative poetry, Constructivism
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:16
Last Modified: 22 Oct 2024 17:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48433

Actions (login required)

View Item
View Item