Rizki, Fajar Perdana (2024) Hubungan antara motivasi kerja dan iklim kerja terhadap kinerja guru di sekolah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Jurnal Iltar), 4 (1): 2. pp. 9-16. ISSN 2657-0394
2657-0394_4_1_2024-2.pdf - Published Version
Download (517kB)
Abstract
Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, sumber daya manusia yang sangat terkait dengan pengajaran di sekolah yaitu guru, seorang guru yang memiliki kinerja yang tinggi akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang tenaga pendidik, maka dibutuhkan berbagai upaya dalam menjaga dan meningkatkan kinerja seorang guru disekolah, salah satunya dengan memberikan motivasi kerja serta adanya iklim kerja
yang baik di sekolah. dalam kajian ini motivasi kerja dan iklim kerja di duga memiliki hubungan yang positif terhadap peningkatan kinerja guru disekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Data dikumpulkan dari sampel penelitian yaitu guru yang bekerja di sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Bekasi dengan sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sebanyak
106 orang. Dari hasil kajian didapati bahwa motivasi kerja guru dan iklim kerja baik secara tunggal ataupun jamak memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan iklim kerja secara aktif memberikan kontribusi yang positif dalam upaya pemeliharaan dan peningkatan kinerja guru di sekolah dalam rangka pencapaian mutu pendidikan yang tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerja, Motivasi, Iklim, Kinerja guru, Work motivation, Job performance, Work life |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources Communication |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 12:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 12:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48394 |