Neny, Widyana and Diva, Adellia Sya’bani and Sindi, Melani (2024) Kamishibai PHBS sebagai metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di TKIT Luqmanul Hakim Insan Madani Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 7 (2): 4. pp. 27-33. ISSN 2622-2396
2622-2396_7_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (736kB)
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang perlu mendapatkan stimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan Kamishibai sebagai salah satu media yang digunakan dalam storytelling meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design, mengukur kemampuan kognitif sebelum dan setelah intervensi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa usia 5-6 tahun di TK Luqmanul Hakim Insan Madani Bandung. Hasil penelitian pada Pretest menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak 57,7% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada menunjukkan kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 79,3% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa metode storytelling dengan menggunakan Kamishibai dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kamishibai, Kemampuan kognitif, Storytelling, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kognitif anak, Metode pengajaran |
Subjects: | Communication Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:12 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48357 |