Kamishibai PHBS sebagai metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di TKIT Luqmanul Hakim Insan Madani Bandung

Neny, Widyana and Diva, Adellia Sya’bani and Sindi, Melani (2024) Kamishibai PHBS sebagai metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di TKIT Luqmanul Hakim Insan Madani Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 7 (2): 4. pp. 27-33. ISSN 2622-2396

[thumbnail of 2622-2396_7_2_2024-4.pdf] Text
2622-2396_7_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (736kB)

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang perlu mendapatkan stimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan Kamishibai sebagai salah satu media yang digunakan dalam storytelling meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design, mengukur kemampuan kognitif sebelum dan setelah intervensi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa usia 5-6 tahun di TK Luqmanul Hakim Insan Madani Bandung. Hasil penelitian pada Pretest menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak 57,7% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada menunjukkan kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 79,3% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa metode storytelling dengan menggunakan Kamishibai dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kamishibai, Kemampuan kognitif, Storytelling, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kognitif anak, Metode pengajaran
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:12
Last Modified: 17 Oct 2024 03:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48357

Actions (login required)

View Item
View Item