Peran orang tua terhadap pendidikan tinggi penyandang disabilitas pasca sekolah di Kebonsari Kabupaten Jember

Renalatama, Kismawiyati and Ria, Wiyatfi Linsiya (2024) Peran orang tua terhadap pendidikan tinggi penyandang disabilitas pasca sekolah di Kebonsari Kabupaten Jember. Journal of Special Education (SPEED), 8 (1): 8. pp. 57-67. ISSN 2580-6041

[thumbnail of 2580-6041_8_1_2024-8.pdf] Text
2580-6041_8_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap pendidikan tinggi penyandang disabiitas pasca sekolah di Kabupaten Jember. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek Penelitian ini adalah orang tua dalam 3 keluarga yang memiliki anak penyandang disabilitas pasca sekolah di Kebonsari Kabupaten Jember. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: 1) Peran orang tua yang kurang positif terhadap keberlanjutan pendidikan tinggi penyandang disabilitas pasca sekolah. 2) Faktor pendukung diantaranya mulai ada perguruan tinggi yang menerima mahasiswa penyandang disabilitas di Jember dan adanya kesempatan beasiswa pendidikan untuk penyandang disabilitas. 3) Faktor penghambat adalah sosialisasi yang kurang terkait informasi peluang penerimaan mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi, ketakutan orang tua dalam biaya financial untuk menempuh pendidikan tinggi, dan pesimisnya orang tua terhadap kemampuan penyandang disabilitas pasca sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Tinggi, Penyandang Disabilitas, Parental role, Higher education, Disabled children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:33
Last Modified: 21 Oct 2024 05:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48307

Actions (login required)

View Item
View Item