Implementasi aspek-aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) perkantoran di Instansi X

Sri, Nur Tisnawati and Gurdani, Yogisutanti and Linda, Hotmaida (2024) Implementasi aspek-aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) perkantoran di Instansi X. Jurnal Teras Kesehatan, 7 (1): 3. pp. 11-23. ISSN 2622-2396

[thumbnail of 2622-2396_7_1_2024-3.pdf] Text
2622-2396_7_1_2024-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (0B)

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Perkantoran penting untuk diterapkan karena kantor memiliki potensi bahaya dan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi aspek-aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Perkantoran di instansi X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan data melalui observasi, analisis dokumen dan wawancara terkait aspek-aspek K3 Perkantoran yaitu Aspek Kebijakan, Keselamatan, Kesehatan,Ergonomi, dan Lingkungan Kerja. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode triangulasi yaitu membandingkan data hasil observasi dan wawancara dengan standar K3 Perkantoran, serta hasil observasi dibandingkan dengan wawancara dan dokumen yang berkaitan. Data dianalisis melalui tigatahap, yaitu data reduction, data display, conclusion-drawing, dan dilakukan membercheck. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sosialisasi dan penerapan mengenai aspek K3 di instansi X masih belum optimal. Aspek kebijakan terkait K3 yaitu masih pada tahap draft dan belum diterapkan sepenuhnya. Aspek keselamatan, di manabelum dilakukannya pengujian dan pemeliharaan secara berkala terhadap alarm kebakaran dan instalasi penangkal petir. Aspek kesehatan, belum tersedianya pelayanan P3K dan pemeriksaan kesehatansecara berkala ke semua pegawai. Aspek ergonomi, belum adanya jalur khusus troli atau lift khusus barang. Dan aspek lingkungan kerja, belum ada pemantauan terhadap kualitas udara di ruang kerja. Penyajian data dalam bentuk uraian singkat menjadi cara efektif untuk memvisualisasikan informasi terkait K3 Perkantoran. Pentingnya meningkatkan kesadaran dan implementasi aspek-aspek K3 Perkantoran dalam memastikan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif. Temuan penelitian menunjukkan perlunya evaluasi risiko serta pemahaman dan penerapan K3 Perkantoran dalam upaya meningkatkan implementasi aspek-aspek K3 Perkantoran di instansi, serta memberikan masukan dalam pengembangan perbaikan kebijakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aspek-Aspek, Implementasi, K3 Perkantoran, Occupational safety, Quality of work life, Workplace
Subjects: Health Resources > Health Care Utilization
Administration & Management > Job Training & Career Development
Industrial & Mechanical Engineering > Job Environment
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 15 Oct 2024 11:40
Last Modified: 15 Oct 2024 11:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48303

Actions (login required)

View Item
View Item