Dwi, Endah Pertiwi and Fifi, Ferlita and Eka, Yuli Astuti (2024) Pengaruh penggunaan pendekatan metode Sight Word dalam meningkatkan kemampuan membaca anak down syndrome usia 10 tahun. Journal of Special Education (SPEED), 8 (1): 7. pp. 51-56. ISSN 2580-6041
2580-6041_8_1_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (152kB)
Abstract
Membaca dibutuhkan oleh anak anak dengan Down syndrome untuk membantu meningkatkan kemampuan dalam berbahasa dan kemampuan memorinya walaupun tidak sebagai pembaca yang independent, selain itu Anak Down syndrome memiliki kemampuan visual yang lebih baik daripada kemampuan auditorinya sehingga dapat menjadi modal untuk menyampaikan pembelajaran membaca untuk mereka. Penelitian ini melibatkan kemampuan visual mereka dengan pendekatan metoda sight word yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tersebut terhadap kemampuan membaca kata dan kalimat anak Down syndrome di Yayasan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Rumah Hasanah Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR) menggunakan desain A-B-A yang terdiri dari baseline-1, intervensi (B) baseline-2 (A2),pengumpulan data dilakukan melalui wawanacara dengan guru dan observasi pada subyek yaitu seorang anak down syndrome. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kemajuan terhadap kemampuan membaca pada subyek , sehingga dapat dikatakan metode ini memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca subyek seorang anak Down syndrome usia 11 tahun .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Metode Sight Word, Down Syndrome, Reading ability, Teaching methods, Down Syndrome, |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Zahra Wenning Tyas |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 05:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48302 |