Pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta

Nur, Fauziah Qurratul 'Aini and Donni, Prakosha and Priyono, Priyono (2024) Pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. Journal of Special Education (SPEED), 8 (1): 2. pp. 10-19. ISSN 2580-6041

[thumbnail of 2580-6041_8_1_2024-2.pdf] Text
2580-6041_8_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta sejumlah 7 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas berjumlah 10 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan mPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta sejumlah 7 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas berjumlah 10 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai pada pretest dan posttest sebesar 28,086 yang terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 59,057 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 87,143pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test menunjukkan nilai Zhitung = -2,375b dengan Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,018 pada taraf signifikanfi (?) yaitu 0.05 atau 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan engklek random picker berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. enggunakan Wilcoxson Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai pada pretest dan posttest sebesar 28,086 yang terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 59,057 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 87,143pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test menunjukkan nilai Zhitung = -2,375b dengan Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,018 pada taraf signifikanfi (?) yaitu 0.05 atau 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan engklek random picker berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tunarungu, Permainan Engklek Random Picker, Kemampuan Menyusun Kalimat, Disabled children, Educational games, Language ability
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:14
Last Modified: 21 Oct 2024 05:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48283

Actions (login required)

View Item
View Item