Anita, Putri Wijayanti and Ceria, Febiana and Khoirun, Nisa Nur Laila Fitri (2024) Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Teras Kesehatan, 7 (1): 2. pp. 6-10. ISSN 2622-2396
2622-2396_7_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (516kB)
Abstract
Masyarakat masih memanfaatkan klinik dan puskesmas untuk pelayanan kesehatan rawat inap. Dapat dikatakan, tingkat ketidakpuasan terhadap layanan komunikasi terapeutik di rumah sakit pemerintah dan swasta baik rawat inap maupun rawat jalan terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap ada hubungannya dengan kualitas komunikasi terapeutik perawat. Chi kuadrat adalah uji statistik yang digunakan, dan teknik sampel yang digunakan dikenal sebagai purposive sampling. Sebanyak 42,8% peserta menyatakan kepuasan terhadap temuan analisis univariat, sementara 57,2%
menyatakan ketidakpuasan terhadap hasilnya. Setelah dilakukan analisis bivariat diketahui nilai p value sebesar 0,0001 yang berarti terdapat hubungan yang cukup besar antara komunikasi terapeutik perawat dengan derajat kepuasan yang dirasakan pasien rawat inap. Oleh karena itu, rumah sakit harus mampu melaksanakan monitoring atau pengawasan terhadap penerapan komunikasi. Perawat harus lebih fokus pada komunikasi terapeutik ketika memberikan layanan kesehatan kepada pasien, dengan fokus utama pada tahap awal pengobatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Komunikasi terapeutik, Perawat, Nursing services, Patient monitoring, Health services |
Subjects: | Health Resources > Health Services Communication Medicine & Biology |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 11:29 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 11:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48279 |