Analisis kesesuaian media NHK Easy News sebagai Fuku Kyouzai dalam mata kuliah Dokkai

Marshall, Irsyad Bima Muhammad and Febi, Ariani Saragih (2024) Analisis kesesuaian media NHK Easy News sebagai Fuku Kyouzai dalam mata kuliah Dokkai. Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra (AYUMI), 11 (1): 2. pp. 11-24. ISSN 2406-8268

[thumbnail of 2406-8268_11_1_2024-2.pdf] Text
2406-8268_11_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)

Abstract

Bahan ajar diperlukan sebagai penguat materi dalam tujuannya untuk memenuhi kompetensi belajar peserta didik atau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Media NHK Easy News dalam aplikasi Todai Easy Japanese sebagai bahan ajar pendamping pada buku Minna no Nihongo II revisi tahun 2005 untuk mahasiswa setara N4. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data berupa seluruh kosakata dan tata bahasa pada buku Minna no Nihongo Shokyu II dan teks bacaan berita Media NHK Easy News menggunakan teori dari Arikunto sebagai penentu kesesuaian variabel tersebut. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi studi dokumentasi dan kuesioner kepada dua dosen dan 67 mahasiswa. Lalu, untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan diterima sebagai bahan ajar pendamping, menggunakan teori dari Aisyah dkk. Penelitian analisis ini menunjukkan bahwa media NHK memiliki 85% pada kesesuaian kosakata dan 98% pada kesesuaian tata bahasa. Hasil tersebut menunjukkan media NHK “sangat sesuai” sebagai bahan ajar pendamping. Hal ini diperkuat oleh respon yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa yang mayoritas memberikan jawaban dan positif pada masing-masing pernyataan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Dokkai, Fuku Kyouzai, Todai Easy Japanese, Media pendidikan, Bahasa Jepang, Pendidikan bahasa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:00
Last Modified: 16 Oct 2024 06:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48256

Actions (login required)

View Item
View Item