Pendidikan perempuan dalam pandangan KH. Hasyim Asy'ari

Amri, Muhammad Arif (2024) Pendidikan perempuan dalam pandangan KH. Hasyim Asy'ari. Jurnal Kajian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan (ANATESA), 14 (2): 7. pp. 71-85. ISSN 2302-8327

[thumbnail of 2302-8327_14_2_2024-7.pdf] Text
2302-8327_14_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (546kB)

Abstract

Sebagai seorang tokoh, KH. Hasyim Asy’ari tampil yang memperjuangkan emansipasi perempuan. KH. Hasyim Asy’ari telah banyak memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan. Namun kajian pendidikan perempuan dalam pandangan KH. Hasyim Asy'ari belum ada penelitian yang mendalam. Ia melakukan berbagai usaha dan cara untuk mewujudkan pendidikan bagi perempuan. Di antaranya menawarkan gagasan tentang konsep pendidikan perempuan. Penelitian ini ingin mengetahui tentang bagaimana pendidikan perempuan dalam pandangan KH. Hasyim Asy'ari dan relevansinya dengan sistem pendidikan nasional masa kini. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dengan Jenis penelitian library research (kajian pustaka). Analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan deskriptif analisis, dan menyimpulkan sesuai dengan fokus penelitian. KH. Hasyim Asy’ari menawarkan pendidikan yang menempatkan perempuan sejajar dengan laki-laki dalam hak menerima pendidikan, tanpa diskriminasi, serta berorientasi pada pembentukan karakter dan ketakwaan kepada Tuhan agar mampu memahami kewajiban, tanggung jawab dan haknya sebagai perempuan dan sebagai hamba Allah Swt.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asy'ari, Pendidikan, Perempuan, Islamic sects, Women's education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 21 Oct 2024 05:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48252

Actions (login required)

View Item
View Item