Nursalami, Nursalami and Putri, Hastuti (2024) Internalisasi pembelajaran pendidikan agama islam pada generasi alfa di era digital. Jurnal Kajian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan (ANATESA), 14 (2): 6. pp. 60-70. ISSN 2302-8327
2302-8327_14_2_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (726kB)
Abstract
Generasi Alfa cenderung dibesarkan dirumah dengan fasilitas alat-alat teknologi yang sudah semakin canggih, yang membuat generasi ini sibuk dengan perangkat pintarnya. Sehingga memudarnya perilaku terpuji, sopan santun dan etika lainnya. Maka dari itu, pembelajaran pendidikan agama Islam menjadi sarana yang sangat penting untuk membentuk generasi Alfa yang memiliki pemahaman yang kuat tentang pendidikan Agama Islam. Tulisan ini bertujuan menguraikan internalisasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada generasi Alfa agar terbentuk generasi yang memiliki moralitas yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan mengumpulkan data-data dari berbagai literatur-literatur yang berkaitan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam berperan penting dalam mengubah pedoman hidup generasi Alfa terutama mendalami tentang etika dan moral dalam Islam, hukum Islam dan meneladani kehidupan sesuai yang dicontohi Rasulullah SAW.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Generasi Alfa. attitudes, Islamic religious education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Zahra Wenning Tyas |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 05:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48251 |