Pola komunikasi islam dalam pembelajaran (suatu analisis psikologi pendidikan)

Tanzilul, Authar and Warul, Walidin and Syabuddin, Syabuddin, Syabuddin, Syabuddin and Salami, Mahmud (2024) Pola komunikasi islam dalam pembelajaran (suatu analisis psikologi pendidikan). Kajian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan (ANATESA), 14 (2): 1. pp. 1-12. ISSN 2302-8327

[thumbnail of 2302-8327_14_2_2024-1.pdf] Text
2302-8327_14_2_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (830kB)

Abstract

Pola Komunikasi islam tidak disebutkan secara eksplisit dalam Al-Qur’an. Namun komunikasi Islam bercirikan Qaulan banyak dikaitkan dengan hubungan antarpribadi, baik secara lisan dengan pengunaan kata-kata maupun dengan konteks dan kejadian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian merupakan penelitian kajian perpustakaan yang menggunakan literatur, seperti kata, catatan, atau laporan, untuk menampilkan temuan penelitian baru. Frase analitik digunakan untuk menganalisis informasi yang disajikan dalam bentuk simbol-simbol yang didokumentasikan dalam berbagai format, seperti buku, artikel, dan lain sebagainya. Istilah ini digunakan ketika penulis sedang berdiskusi dengan suatu teori atau konsep yang belum terdefinisi dengan baik untuk dianalisis dan dikembangkan menjadi suatu konsep yang dapat dipahami. Al-Qur'an memuat ayat-ayat sebagai berikut; Qaulan Karima, Qaulan Layyina, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Sadida, Qaulan Baligha, dan Qaulan Shakhila.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pembelajaran, Qaulan, Communication models, Learning processes, Verbal communication
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:57
Last Modified: 21 Oct 2024 05:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48207

Actions (login required)

View Item
View Item