Iwan, Samsugito and Dwi, Nopriyanto and Syukma, Rhamadhani Faizal Nur and Siti, Riyani (2024) Pemberdayaan guru menerapkan SELF (Spritual Emotional Freedom Technique) untuk murid perokok di SMKN 6 Samarinda. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (8): 3. pp. 3304-3313. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_8_2024-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (375kB)
Abstract
Pemerintah sudah memberlakukan peraturan tentang kawasan tanpa rokok (KTR) serta Upaya berhenti merokok (UBM) yang diterapkan di puskesmas namun Upaya ini belum mampu menurunkan prevalensi remaja yang merokok. Remaja menjadi perokok dapat disebabkan mengikuti teman akan agar dapat diterima di lingkungannya, pengetahuan dan iklan rokok. Berhenti merokok dapat dilakukan dengan Teknik Spritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan guru teknik terapi metode SEFT untuk menghentikan kebiasaan merokok murid SMKN 6 Samarinda dengan Metode ceramah dan praktek. Hasil yang diperoleh dari pengabdian Masyarakat ini didapatkan guru dapat mempraktekan SEFT sesuai prosedur sebanyak 15 (75 %) dan 5 (25 %) dengan bimbingan dan respon murid setelah terapi 90 % mengalami perubahan saat merokok seperti rasa rokok pahit, hambar, pahit dan sakit kepala, pahit dan mual, mual dan muntah dan tenggorokan terasa gatal. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah guru mampu mempraktekan metode SEFT untuk menerapi murid yang merokok.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, SEFT, Murid Perokok, Nonsmoking areas, Smokers, Therapy |
Subjects: | Health Resources > Health Education & Manpower Training Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 04:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 04:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/47819 |