Luthfiana, Amalia and Irdawati, Irdawati and Rosalia, Dian Arsita Putri and UNSPECIFIED (2024) Penerapan terapi bermain mewarnai pada anak prasekolah yang mengalami kecemasan hospitalisasi. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (8): 41. pp. 3590-3598. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_8_2024-41.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (192kB)
Abstract
Hospitalisasi pada anak merupakan prosedur yang mengharuskan anak berada di pelayanan kesehatan untuk mendapat perawatan medis hingga kondisi pulih dan diperbolehkan pulang. Reaksi anak usia preschool selama masa perawatan adalah kecemasan, kecemasan terjadi karena anak merasakan situasi traumatis karena terpisah dari lingkungan sehari-hari. Terapi bermain mewarnai menjadi salah satu pilihan permainan yang efektif untuk dilakukan anak saat masa perawatan di rumah sakit. Menerapkan terapi bermain mewarnai untuk mengurangis kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi. Studi kasus ini menggunakan pendekatan asuhan keperawatan dengan menerapkan terapi bermain mewarnai selama 30 menit yang diberika pada tiga anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi yang diukur menggunakan Faces Anxiety Scale (FAS). Terapi bermain mewarnai terbukti menurunkan skala kecemasan pada anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Intervensi terapi bermain dapat menurunkan kecemasan pada anak yang menjalani hospitalisasi sehingga anak menjadi kooperatif menerima tindakan keperawatan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi bermain mewarnai, Kecemasan, Anak prasekolah, Play therapy, Preschool education, Anxiety, Coloring |
Subjects: | Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation Medicine & Biology > Psychiatry Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/47759 |