Komunikasi pemberdayaan pemerintah Desa Wisata Karangrejo Borobudur Magelang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Zubaidah, Nur Oktafiarni and Puji, Hariyanti (2022) Komunikasi pemberdayaan pemerintah Desa Wisata Karangrejo Borobudur Magelang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Teknologi Pengolahan Dan Pengembangan Material Maju, 20 Oktober 2022, Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding_2022_Zubaidah Nur Oktafiarni_196-211.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2022_Zubaidah Nur Oktafiarni_196-211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (229kB) | Preview

Abstract

Pengembangan sektor pariwisata beberapa tahun terakhir tengah digencarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif salah satunya fokus pada pengembangan destinasi super prioritas Borobudur. Upaya tersebut dilakukan dengan mengembangkan kawasan destinasi Borobudur melalui desa wisata, termasuk Desa Wisata Karangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) komunikasi pemberdayaan masyarakat oleh Pemdes melalui Desa Wisata Karangrejo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat; (2) peran Pemdes dalam pemberdayaan masyarakat; (3) faktor yang menjadi kendala dan pendukung dalam pemberdayaan masyarakat serta solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang ada. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada Desa Wisata Karangrejo. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) komunikasi pemberdayaan PemDes Karangrejo berlangsung dua arah; (2) peran Pemdes sebagai penyelenggara, pelaksana, menganggarkan dana serta melakukan evaluasi dan membuat rencana tindak lanjut; (3) faktor yang menjadi kendala terdapat keterampilan dalam pemberdayaan yang belum dapat diterapkan secara maksimal, tidak semuamasyarakat bersedia menggunakan produk pemberdayaan, dan sulitnya mengubah pola pikir masyarakat untuk maju. Faktor pendukung adanya dukungan dari berbagai pihak terhadap pemberdayaan masyarakat serta antusias dan semangat masyarakat desa untuk meningkatkan perekonomian. Solusi ketika menemukan kendala ialah memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat serta menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemberdayaan, pemberdayaan masyarakat, pemerintah desa, Desa Wisata Karangrejo
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 19 Feb 2025 00:55
Last Modified: 19 Feb 2025 00:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/47704

Actions (login required)

View Item
View Item