Hardiyansyah, Hardiyansyah and Tri, Rusilawati Kasisariah (2022) Pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan kearifan lokal masyarakat Pasemah Kota Pagar Alam pada masa pandemi Covid-19. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Teknologi Pengolahan Dan Pengembangan Material Maju, 20 Oktober 2022, Yogyakarta.
Prosiding_2022_Hardiyansyah_65-76.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (273kB) | Preview
Abstract
Sejak pandemi Covid-19, muncul berbagai keluhan terhadap pelayanan publik yangdisampaikan masyarakat melalui media sosial, seperti facebook, whatsapp, twitter, instagram dan lain-lain. Di samping akibat dari pandemi Covid-19, diduga keluhan itu muncul karena implementasi kebijakan pelayanan public berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) belum optimal, nilai-nilai kearifan lokal dalam pelayanan publik kadang terabaikan dan pelayanan publik cenderung kaku serta pendekatan yang procedural.Idealnya walaupun situasi sulit yang dihadapi seperti sekarang ini, pelayanan publik harus tetap baik dan berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian melalui mix method dengan analisis strengths, weaknesses. opportunities, and threats (SWOT), diperoleh dua strategis, yaitu: 1) Optimalisasi aparatur sipil negara (ASN) melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik; dan 2) Pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal dengan dukungan teknologi informasi dan regulasi.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan; teknologi_informasi; kearifan_lokal; covid-19 |
| Subjects: | Urban & Regional Technology & Development Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Manajemen > Penelitian dan Pengembangan Penerbangan dan Antariksa > Bidang Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Saepul Mulyana |
| Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:53 |
| Last Modified: | 19 Feb 2025 00:53 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/47598 |


