Penerapan konsep pemasaran digital pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai wujud pemberdayaan dalam menyaring informasi hoaks di lingkungan desa

Faizal, Haris Eko Prabowo and Ii, Sujai and Muhammad, Farhan Firmansyah and Indra, Gunawan and Nuryanti, Taufik (2022) Penerapan konsep pemasaran digital pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai wujud pemberdayaan dalam menyaring informasi hoaks di lingkungan desa. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Teknologi Pengolahan Dan Pengembangan Material Maju, 20 Oktober 2022, Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding_2022_Faizal Haris Eko Prabowo_287-300.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2022_Faizal Haris Eko Prabowo_287-300.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (635kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) DesaSukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sebagai mitra untuk mengatasi masalah utama yaitu: Belum adanya rancangan konten informasi yang tersusun dengan kesesuain dengan visi dan misi melalui media digital, para anggota mitra sudah mencoba menggunakan media digital tetapi belum terlalu memahami hingga detil. Lalu. Minimnya literasi mengenai pemasaran digital, sehingga peluang untuk meningkatkan penyebaran informasi di desa sukamaju kecamata cihaurbeuti kabupaten ciamis tidak berjalan dengan efektif. Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh mitra, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam merancang dan mengaplikasikan strategi pemasaran dengan menggunakan media digital sehingga KIM dapat melakukan pemasaran pada media digital dengan efektif. Para kelompok ini selanjutnya akan dilatih dan didampingi sehingga proses pemahaman pemasaran melalui media digital dapat meningkat secara perlahan. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang terbagi menjadi tiga tahapan utama yang didalamnya terdapat tahapan-tahapan teknis yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Kegitan ini memiliki tindak lanjut yakni akan dilakukannya penelitian mengenai strategi pengembangan pemasaran digital pada organisasi yang memberikan informasi valid agar adanya hilirisasi antara penelitian dan pengabdian dengan memadukan KIM dengan teknologi digital

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital; Literasi Digital; Pemberdayaan masyarakat; Kelompok Informasi Masyarakat
Subjects: Manufacturing Technology > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Administration & Management > Management Information Systems
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 19 Feb 2025 00:52
Last Modified: 19 Feb 2025 00:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/47595

Actions (login required)

View Item
View Item