Pengaruh media agenda harian bergambar menyikat gigi terhadap pengetahuan ibu dan oral hygiene balita di posyandu

Anang, Anang and Nia, Daniati (2024) Pengaruh media agenda harian bergambar menyikat gigi terhadap pengetahuan ibu dan oral hygiene balita di posyandu. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (6): 31. pp. 2480-2490. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_6_2024-31.pdf] Text
2655-2728_6_6_2024-31.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (418kB)

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan yaitu dengan penyuluhan, penyuluhan menggunakan media agenda bergambar salah satu pelayanan kesehatan yang dapat diberikan kepada anak normal maupun anak berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya biasanya agenda harus mengandung gambar sehingga mempengaruhi minat anak. Agenda/buku bergambar dianggap lebih dapat memotivasi anak – anak untuk belajar karena agenda bergambar disajikan dengan teks dan ilustrasi atau gambar, mudah digunakan, dapat memperjelas suatu masalah, dapat membantu pengawasan serta pengamatan, dan lebih realistis. Namun terdapat kekurangan yaitu ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar dan hanya menekankan pada persepsi indra mata. Umumnya untuk mengukur kebersihan gigi dan mulut anak balita menggunakan suatu indeks yaitu Personal Hygiene Performance Modified (PHP-M). Tujuan penelitian menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan one group pre-post test design tanpa kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen dilihat pretest sebelum dilakukan intervensi dan posttest setelah dilakukan intervensi, dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. Hasil postest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai signifikansi 0,000 dengan demikian terdapat Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu. Hasil Penelitian menujukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media agenda harian bergambar, Pengetahuan, Oral hygiene balita, Health education, Oral hygiene, Toothbrushing, Illustrated books
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:48
Last Modified: 29 Aug 2024 03:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/47540

Actions (login required)

View Item
View Item