Edukasi pencegahan perundungan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung

Christin, Angelina and Herzandho, Januartha and Mutiara, Oktavia and Ervi, Veronica (2024) Edukasi pencegahan perundungan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (6): 14. pp. 2486-2497. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_6_2024-14.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_6_2024-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (460kB) | Preview

Abstract

Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok. Perundungan/bullying dapat terjadi di sekolah, rumah, lingkungan masyarakat, dan cyber (melalui media elektronik). Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa/i agar dapat mencegah perilaku perundungan pada lingkungan sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja dengan desain penelitian one group pre test-post test design ini diukur dengan menggunakan pre test yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan post test yang dilakukan setelah diberi perlakuan. Hasil pengukuran pengetahuan tentang bullying sebelum diberikan edukasi sebesar 86,7% siswa yang menjawab pertanyaan perundungan dengan baik dan benar. Setelah mengikuti edukasi, persentase siswa yang menjawab pertanyaan tersebut meningkat menjadi 90,0%. Sikap siswa terhadap perundungan sebelum diberikan edukasi sebesar 36,7% siswa dengan sikap yang positif terhadap perundungan dan setelah diberikan edukasi sikap positif siswa meningkat menjadi 56,7%. Siswa merupakan sasaran yang tepat untuk diberikan edukasi tentang perilaku bullying. Kegiatan PkM ini merupakan bentuk eduksi tentang bullying. Kegiatan edukasi ini berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini berdasarkan kepuasan dan antusiasme peserta dalam bertanya dan menceritakan pengalaman mereka tentang perilaku bullying. Diharapkan siswa dapat menerapkan perilaku anti perundungan dan peran guru atau tenaga kesehatan untuk dapat memberikan edukasi tentang bahaya perundungan, agar anak-anak dapat memahami dampak perundungan mulai dari dini, dan agar mereka dapat menerapkan pertemanan yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perundungan, Edukasi, Pengetahuan, Sikap, Siswa, Bullying in schools, Education, Knowledge, Attitute
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:38
Last Modified: 10 Sep 2024 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/47312

Actions (login required)

View Item
View Item