Afib, Rulyansah and Rizqi, Putri Nourma Budiarti and Rachma, Rizqina Mardhotillah and Pance, Mariati and Yusril, Izza Nurfaiza (2022) Flipped learning oleh guru sekolah dasar: Sebuah program pengabdian masyarakat. Indonesia Berdaya, 3 (4). pp. 915-920. ISSN 2721-0669
2721-0669_3_4_2022-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (278kB) | Preview
Abstract
Siswa sekolah dasar sangat terpukul oleh pandemi Covid-19, yang telah mempengaruhi hampir setiap bidang kehidupan mereka. Ada kebutuhan untuk menemukan model pembelajaran alternatif yang memadai dan relevan dengan fitur siswa dan dapat digunakan dalam keadaan terbatas seperti flipped learning. Sebagai bagian dari kontribusi masyarakat ini, Madrasah Ibtidaiyah telah diberi kesempatan untuk menerapkan pembelajaran terbalik sehingga sekolah lain, seperti itu, memiliki kesempatan yang sama untuk mempromosikan pembelajaran yang sukses. Teori flipped learning diperkenalkan pada hari pertama kebaktian ini, yang berlangsung selama dua hari. Sebagai bagian dari layanan ini, peserta pelatihan memiliki pilihan untuk membuat video instruksional yang akan digunakan. Untuk mengintegrasikan flipped learning di madrasah, guru mendampingi seluruh komponen pembelajaran. Menurut rata-rata skor pre-test 40 sampai 70, meningkat 30 persen, pengetahuan guru tentang flipped learning meningkat secara signifikan. Akibatnya, tidak hanya guru yang lebih mampu memahami murid mereka, tetapi siswa dan guru sama-sama mendapatkan perspektif dan perspektif baru tentang pembelajaran secara keseluruhan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Madrasah ibtidaiyah, Flipped learning, Primary school teachers, Learning methods, Community services |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | I Made Budhi Gautama |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 13:17 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 13:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/46820 |