Afib, Rulyansah and Rizqi, Putri Nourma Budiarti and Rachma, Rizqina Mardhotillah and Edi, Pujo Basuki and Surnia, Maulidah Azzahra (2022) Peningkatan keterampilan membaca siswa kelas tinggi melalui multimedia interaktif: program pengabdian masyarakat pada konteks sekolah dasar. Indonesia Berdaya, 3 (4). pp. 905-914. ISSN 2721-0669
2721-0669_3_4_2022-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (314kB) | Preview
Abstract
Siswa di Sekolah Dasar (SD) akan diuntungkan dengan pengembangan layanan ini karena akan melibatkan penggunaan multimedia sebagai alat bantu pengajaran. Menggunakan studi pengembangan Gall dan Borg, layanan ini menggunakan pendekatan R&D. Di SDN Ranuagung III, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, layanan ini ditawarkan kepada masyarakat. Pembelajaran (multimedia) terdiri dari buku siswa, buku guru, dan RPP. Model pendidikan terintegrasi dengan sejumlah perangkat (RPP) yang berbeda. Menggunakan multimedia dalam hubungannya dengan model pembelajaran berbasis inkuiri telah terbukti meningkatkan prestasi siswa dalam matematika dan sains. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dikenal dengan uji-t, dimana statistik thitung (9,98) lebih tinggi dari statistik ttabel (2,00), menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi hanya tergabung dalam pembelajaran inkuiri. Tidak ada tanda-tanda peningkatan kepraktisan model yang ditunjukkan oleh 33,9 persen dari segi kepraktisan tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran berbasis inkuiri, Membaca terburu-buru, Keterampilan membaca, Reading skills, Inquiry-based learning, Primary education |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | I Made Budhi Gautama |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 12:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 12:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/46803 |